KAJIAN TENTANG INTRANET
DAN INTERNET
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin
berkembang dan tak mungkin dielakan lagi. Pada zaman sekarang perkembangan dalam
hal ini begitu pesat. Semua lapisan pasti merasakan adanya perkembangan zaman
dalam hal teknologi semakin berkembang. Sebelum pengaplikasian melalui praktik
langsung seharusnya kita semua paham betul tentang pengertian, fungsi dan
dampak dari intranet dan internet yang dewasa ini sudah tak asing lagi. Hal ini
bisa diharapkan dapat mengurangi penyalahgunaan dan meminamilisir dari
kejahatan yang medianya melalui intranet dan internet.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apakah pengertian dari intranet dan internet?
2. Bagaimana sejarah dari intranet dan internet?
3. Bagaimana pengunaan dari intranet dan internet?
4. Apakah keuntungan dan kerugian dari intranet dan internet?
2. Bagaimana sejarah dari intranet dan internet?
3. Bagaimana pengunaan dari intranet dan internet?
4. Apakah keuntungan dan kerugian dari intranet dan internet?
1.3 Tujuan
1.
Mengetahui
pengertian dari intranet dan internet.
2.
Mengetahui
bagaimana sejarah dari intranet dan internet.
3.
Mengetahui
bagaimana pengunaan dari intranet dan internet.
4.
Mengetahui
jaringan dari intranet dan internet.
5.
Mengetahui
keuntungan dan kerugian dari intranet dan internet.
1.4 Manfaat
Adapun
mengenai manfaat dari penulisan karya tulis ini, penulis penulis memeiliki
tujuan sebagai berikut:
1.
Menambah wawasan.
2.
Memperluas pendalaman
konsep pelajaran TIK.
3.
Meminamilisir dari penyalahgunaan.
BAB II
INTERNET DAN
INTRANET
2.1 Internet
2.1.1
Pengertian Internet
Internet merupakan salah satu hasil
pengembangan aplikasi komputer. Internet (Interconnection
Networking) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer di
seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace).
Berikut
adalah beberapa alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan
internet:
1.
Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modem
berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
Modem digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang
elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain.
2.
Router
Router digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan
pengiriman paket data pada jaringan khusus. Perbedaannya dengan modm, router
hanya digunakan dalam server jaringan. Namun, modem dan router merupakan satu
kesatuan jaringan. Pada sistem yang bukan jaringan tidak dibutuhkan router,
hanya modem.
3. Hub
Hub
menghubungkan beberapa PC dalam satu LAN. Hub memiliki port yang dikoneksikan
ke masing-masing komputer. Semua komputer bisa berkomunikasi melalui port
tersebut. Hub memiliki 4 hingga 64 port atau bisa lebih. Salah satu kelemahannya
adalah pada saat sebuah komputer sedang mengirim data, maka seluruh komputer
pada hub tersebut tidak boleh mengirim data agar tidak bertabrakan. Hal ini membuat
efisiensi penggunaan saluran menjadi rendah. Untuk menyambungkan ke internet,
Hub digunakan di belakang router karena router memiliki batas jumlah port.
4.
Switch
Switch mempunyai fungsi yang sama
dengan hub, hanya saja mempunyai kemampuan yang lebih baik. Switch digunakan
untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke
jaringan tertentu.
2.1.2
Sejarah Singkat Internet
Pada tahun 1970-an,
ARPANET menemukan ide untuk membuat sistem jaringan untuk berbagi informasi
dengan dikembangkannya Telnet dan FTP (File Tranfer Protocol) yang para
penggunanya bisa mengirim dan menerima data. Tetapi perkembangannya tidak bisa
diharapkan karena kehadiran PC ditahun 1980-an.
Tahun 1992 menjadi
tonggak sejarah baru bagi teknologi ini dengan Internet Protocol (IP)
barunya, yaitu Hipertext
Transfer Protocol (HTTP).
Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan efektivitas dalam hal mendokumentasi
dan menjadi sebuah aplikasi handal di internet. Pengguna web semakin meningkat
ketika diperkenalkannya sebuah internet browser yang bernama Mosaic, yaitu para
penggunanya dapat membuat, mengakses dan berbagi informasi. Hal ini dapat
memudahkan pengguna sehingga internet semakin berkembang..
Selama terjadinya
evolusi internet, perusahaan-perusahaan yang menyadari betapa besar kekuatan
dan potensi teknologi ini jika digunakan didalam perusahaan. Teknologi ini
diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah dalam perusahaan mengenai
efektivitas dan efisiensi. Dengan intranet, perusahaan dapat membangun
kerjasama tim dan dapat saling berbagi informasi meskipun berada di ruangan
yang berbeda-beda. Jadi, teknologi intranet ini banyak diterapkan di berbagai
perusahaan karena sifatnya yang mudah digunakan.
Teknologi intarnet
sangat menguntungkan perusahaan karena teknologi memiliki biaya yang lebih
murah dibandingkan dengan telepon dan teknologi jaringan pribadi lainnya.
Keuntungan lainnya dari intranet adalah kemudahan dokumentasi, ketersediaan
informasi, dan aksesibilitas, mengurangi biaya operasional dan perbaikan serta
meningkatkan efesiensi.
Perkembangan intranet
tidak bisa dilepaskan dari perkembangan internet, karena pada dasarnya intranet
adalah internet dalam ruang lingkup yang lebih terbatas seperti rumah, sekolah,
kantor, dan lain-lain. Intranet menjadi populer ditahun 1990-an ketika banyak
perusahaan yang menyadari hebat dan potensialnya internet jika digunakan
didalam ruang lingkup yang lebih terbatas.
1.2.2 Kejadian Penting Lainnya
Terkait Dunia Internet
Tahun 1972, Ray Tomlinson berhasil
menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET.
Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun
yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang
menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai
dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Computer University College di London
merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota
jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton
Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang
menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama
kalinya di Universitas Sussex.
Hari
bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris
berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di
Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di
ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim
Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama
USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan
telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan
dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan
semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui
oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol
atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di
Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang
menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark
dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan
komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang
kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung
dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah
komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000
lebih.
Tahun
1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC
atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000
komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang
bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang
membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling
tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun
yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah
tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping
atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama
Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
2.1.3
Kegunaan Internet
Fungsi dan kegunaan internet utamanya
sebagai media peringan pekerjaan kita.
Dengan adanya internet, waktu yang kita gunakan dapat menjadi lebih
efektif dan efisien. Internet kini banyak kegunaannya meliputi bidang sosial,
ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.
Berikut
adalah kegunaan internet secara umum:
1.
Sarana Sumber Informasi
Dengan adanya internet, informasi
semakin cepat kita dapat dikarenakan ada sarana dari berbagai search engines atau mesin pencari yang dapat
mencari hal yang kita butuhkan. Pencarian kita itu dapat berbentuk file,
gambar, musik, film, video, dan lain-lain.
2.
Jual Beli secara Online
3.
Pembaharuan Berita
Dewasa ini pembaharuan mengenai
berita-berita teraktual dan terkini telah bisa kita dapatkan melalui layanan internet,
bahkan pembaharuan tersebut dilakukan dalam hitungan detik. Koran pun kini tersedia
secara online.
4.
Fasilitas Penunjang Pendidikan
5.
Komunikasi
2.1.4 Keuntungan
dan kerugian internet dalam berbagai bidang.
Selama ini selalu menjadi perdebatan
dikalangan masyarakat bahwa sejatinya, internet hanyalah media komunikasi
seperti halnya komunikasi selular ataupun komunikasi melalui burung merpati
sekalipun. Semua media komunikasi dari waktu kewaktu pasti membawa dampak baik
atau buruk pada manusia.
Pemanfaatan
internet pada bidang pendidikan bukanlah hal yang langka. Kini kita dengan
mudah dapat mengakses buku-buku yang bisa dibaca dengan online ataupun offline
(setelah kita download/unduh terlebih dulu). Buku-buku selain yang berkaitan
dengan pendidikan juga sudah banyak tersedia. Hal ini tentu saja menjadikan
internet sebagai fasilitas pendidikan. Berbagai lembaga pendidikan juga kini
telah menggunakan media internet untuk memaksimalkan kemampuan yang mereka
miliki.
Keuntungan internet:
·
Dengan
internet, kini seorang siswa bisa belajar melalui sistem pembelajaran jarak
jauh. Bahkan seorang siswa masih bisa mengikuti berbagai mata pelajaran yang
telah diajarkan di sekolah meski sedang berada di luar negeri sekalipun.
·Semakin mudah untuk bisa mencari berbagai program beasiswa
yang diadakan diseluruh dunia melalui internet.
·Siswa mudah mencari bahan untuk mengembangkan ilmu
mereka.
·Lembaga pendidikan atau guru dapat dengan mudah memberikan
pengumuman kepada siswanya melalui sarana internet.
Kerugian internet:
·
Banyak
siswa yang menjiplak karya orang lain untuk diakui sebagai karyanya di depan
pengajarnya.
·
Sering
disalah gunakan siswa untuk mengakses hal yang tak berhubungan dengan
pendidikan, yang bisa membuat pelajaran terbengkalai. Seperti misalnya media
sosial, game atau situs dewasa.
Internet
memang sarana komunikasi yang sangat efektif. Internet diketahui tak hanya
bermanfaat untuk pendidikan, namun juga baik untuk ekonomi. Internet menawarkan
berbagai kemudahan untuk bertransaksi secara online. Melalui internet, penjual
dapat memasarkan dan menjual produk secara instan. Kita sebagai konsumen, hanya
butuh menentukan produk atau layanan pada halaman situs yang disediakan penjual,
lalu membayarnya dengan kartu kredit ataupun transfer tunai di bank terdekat, atau
ada juga yang menyediakan sistem pembayaran cash
on delivery (COD) yakni transaksi yang dilakukan saat bertemu kurir barang
ataupun penjual itu sendiri, setelah itu kita mendapatkan produk atau layanan
yang kita kehendaki. Dengan semakin tingginya kesuksesan jual beli online, ini
berarti semakin banyak lapangan kerja yang akan dibuka.
Selain keuntungan yang sudah
dijelaskan di atas, berikut adalah beberapa kerugian internet di bidang ekonomi:
·
Maraknya
penipuan seperti toko online palsu dan lainnya.
·
Maraknya
kejahatan yang melibatkan transaksi kartu kredit.
·
Maraknya
pencurian data perusahaan oleh orang tak bertanggung jawab.
Tak hanya
ekonomi dan pendidikan, internet juga masuk ke berbagai sendi masyarakat yang memiliki
dampak tersendiri. Dengan internet, tingkat sosial masyarakat berkembang dengan
pesat. Email, chatting, video conference, adalah beberapa contoh yang dapat
kita gunakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan rekan jarak jauh.
Jejaring sosial juga dapat membantu kita memiliki banyak teman di dunia maya
dan menjalin pertemanan tanpa batas. Berikut beberapa penjelasan lebih
lanjut mengenai keuntungan internet di bidang sosial:
·
Komunikasi
berkembang pesat. Tak sekedar komunikasi biasa, kini orang bisa bersosialisasi
dengan teman – temannya yang jauh keberadaannya, maupun dengan orang lain yang
belum diakenal melalui sebuah komunitas online seperti di Facebook.
·
Masyarakat
dapat dengan mudah mengakses berbagai hiburan dengan mudah dari belahan dunia
manapun.
·
Masyarakat
dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam kehidupan baik itu seperti membayar
tagihan listrik, PAM, dan tagihan lainnya secara online. Ini membuat waktu yang
digunakan menjadi efektif.
Kerugian internet di bidang sosial:
·
Komunikasi
tidak lagi bertatap muka seperti dahulu. Ini baik untuk teman yang jauh
keberadaannya. Namun terkadang ini justru bisa menjauhkan teman yang
keberadaannya dekat dengan kita, karena lebih memilih berkomunikasi di internet
daripada secara langsung.
2.1.5 Tokoh – Tokoh
Internet
1. Pierre
Omidyar
Pierre
Omidyar merilis eBay pada 4 September 1995. Pada saat itu usianya 28 tahun.
eBay adalah sebuah situs lelang online.
Awalnya, Pierre menciptakan eBay untuk menolong seorang teman dekatnya yang
ingin menjual sebuah produk. Setelah dari itu, eBay berkembang dengan pesat
menjadi ladang bisnis yang sangat prospektif dan menguntungkan. Dan sekarang
eBay pun menjadi sebuah situs lelang online terbesar di dunia.
Dalam
sebuah wawancara dengan Pierre, dia menyatakan bahwa kesuksesan eBay tidak
dapat lepas dari dua hal. Pertama, kuatnya komunitas antara penjual dan pembeli
yang jumlahnya dapat mencapai ratusan juta orang. Kedua, nilai-nilai baik yang
dianutnya. Dalam bisnis, Pierre percaya bahwa pada hakikatnya setiap manusia
itu baik dan setiap orang memiliki suatu kelebihan yang dapat dibagikan kepada
orang lain. Selain itu, Pierre percaya bahwa kejujuran dan keterbukaan dapat
membawa kebaikan pada diri manusia itu sendiri. Maka, peraturan “emas” eBay
adalah mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik. Pierre
pun berharap para anggotanya dapat mengikuti contoh yang telah diberikannya.
2.
Larry Page dan Sergey Brin
Larry Page dan Sergey Brin merilis
Google pada 4 September 1998. Saat
mereka berdua menciptakan Google, mereka baru berusia 25 tahun dan 24 tahun.
“Kantor” pertama mereka yaitu sebuah garasi. Google adalah sebuah mesin pencari
yang dapat menampilkan semua jenis dan bentuk informasi di internet. Google
digemari banyak orang terutama para mahasiswa. Maka, dalam beberapa tahun saja,
Google berkembang sangat pesat dan meraup keuntungan hingga miliaran dollar AS.
Sekarang, Google dapat disebut sebagai mesin pencari teratas di dunia. Kisah
sukses Larry Page dan Sergey Brin dalam menciptakan dan mengembangkan Google
telah menginspirasi banyak orang terutama kalangan muda dan khususnya para
penggemar teknologi informasi.
3.
Mark
Zuckerberg
Ketika menciptakan situs jejaring sosial
yang bernama Facebook, Mark Zuckerberg baru berusia 19 tahun. Ia menciptakan
Facebook untuk membantu membangun jejaring sosial bagi para remaja di kampusnya
pada waktu itu, Universitas Harvard. Sekarang, Facebook adalah situs jejaring
sosial terbesar di dunia. Di bawah pimpinan sang penemu, situs ini terus tumbuh
hari demi hari. Jutaan pengguna baru situs jejaring sosial ini terus bertambah
setiap bulan.
4.
Jerry Yang dan David Filo
5.
Blake Aaron Ros
Blake
Ross adalah seorang pemuda yang menciptakan Mozilla, fasilitas yang bisa digunakan untuk menjelajahi
internet. Mozilla dirilis untuk umum pada November 2004. Pada saat itu, umur
Blake baru berusia 19 tahun. Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox,
sebuah program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Setelah itu, namanya pun berubah menjadi
Mozilla Firefox. Dengan perkembangan yang amat pesat, Mozilla Firefox diterima
oleh netizen atau para pengguna
internet di dunia. Karena Mozilla Firefox dinilai lebih aman dan mudah dipakai.
Ia juga dinilai oleh netizen mampu
merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini kita
ketahui dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer. Kesuksesan Blake ini menjadi
inspirasi banyak sekali orang dan atas kesuksesannya pula ia mendapatkan banyak
pujian.
6. Jack
Dorse
Twitter
berawal dari sebuah diskusi yang diadakan oleh anggota dewan Podcasting
perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan idenya
ketika individu dapat menggunakan layanan SMS untuk berkomunikasi dengan
kelompok kecil. Rencana ini dimulai pada bulan Maret dan dirilis pada tanggal
15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007. Twitter
mempunyai julukan “Pesan Singkat” dari internet. Twitter juga menjadi situs
jejaring sosial kedua terbesar di dunia yang mana peringkat pertama diduduki
oleh Facebook.
7. Matt Mullenweg
Matt Mullenweg adalah pencipta situs
penyedia blog gratisan yaitu WordPress. Ia baru berusia 19 tahun ketika mulai
menciptakan WordPress. WordPress menjadi terkenal dalam waktu singkat.
Alasannya, situs ini mudah dipakai dan selalu diperbarui. Pada tahun 2008,
tercatat ada sekitar 230 juta pengakses aktif dengan 6.5 miliar halaman. Lalu,
ada sekitar 35 juta posting baru dengan tambahan rata-rata 4 juta posting
setiap bulan. Matt juga pernah datang ke Jakarta pada Januari 2009. Matt
menyatakan bahwa ia tidak akan menjual WordPress ke perusahaan besar dengan
harga ’selangit’. Ia juga pernah berkata bahwa tidak mencari keuntungan dari
WordPress. Keuntungan telah ia dapatkan dari beberapa perusahaan yang
dimilikinya.
2.2 Intranet
2.2.1 Pengertian Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan
privat (private network) yang
menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP) untuk membagi informasi penting
dalam ruang lingkup lokal. Untuk membuat sebuah jaringan intranet, sebuah
jaringan harus memiliki beberapa komponen yaitu protokol internet (Protokol
TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP
dan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan
komponen protokol yang sering digunakan. Intranet juga dapat diartikan sebagai sebuah
"versi pribadi dari jaringan Internet”. Intranet biasanya digunakan di
warnet, internal perusahaan, organisasi, kantor dan sebagainya. Umumnya,
sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan
internet", atau sebagai sebuah versi dari internet yang dimiliki oleh
sebuah organisasi.
2.2.2 Jaringan Komputer Yang Termasuk Intranet
Ada beberapa jaringan komputer yang
termasuk ke dalam intranet yaitu LAN (Local
Area Network), MAN (Metropolitan Area
Network), WAN (Wide Area Network)
dan Wireless. Keempatnya memiliki
keuntungan dan kerugian masing-masing.
2.2.2.1 LAN (Local
Area Network)
Local Area Network atau yang disingkat
LAN, merupakan jenis jaringan komputer yang
mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan beberapa perangkat jaringan yang
cukup sederhana dan mudah didapatkan, seperti menggunakan kabel UTP atau Unshielded
Twisted-Pair, Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya. Contoh dari jaringan yang berbasis LAN ini
adalah komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan,
kantor, warnet, bahkan antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.
Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN
seperti lebih hemat dalam pengeluaran biaya operasional dan dalam penggunaan
kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup
wilayah yang relatif sempit, dan tidak membutuhkan operator telekomunikasi
untuk membuat sebuah jaringan komputer LAN.
Kerugian dari penggunaan
jenis jaringan ini adalah cakupan wilayah jaringan yang sempit sehingga untuk
berkomunikasi ke luar jaringan tersebut menjadi sulit dan wilayah cakupan
transfer data tidak begitu luas.
2.2.2.2 MAN
(Metropolitan Area Network)
Keuntungan
dari jenis jaringan komputer MAN
ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk
berkomunikasi menjadi lebih efisien dan efektif, mempermudah dalam hal
berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan ini menjadi lebih baik.
Kerugian
dari jenis jaringan komputer MAN
diantaranya adalah lebih banyak menggunakan biaya operasional, mempunyai
peluang menjadi target operasi oleh para
Cracker atua bahkan hacker untuk
mendapatkan keuntungan pribadi, dan jika terjadi kerusakan untuk memperbaiki
jaringan MAN ini diperlukan waktu yang cukup lama.
2.2.2.3 WAN (Wide
Area Network)
Keuntungan
Jenis Jaringan Komputer WAN
diantaranya adalah cakupan wilayah jaringannya
yang luas sekali, lebih dari jenis jaringan komputer LAN dan
MAN, berbagi informasi menjadi lebih
rahasia, lebih aman, lebih efisien, terarah, dan lebih mudah dalam
mengembangkan dan mempermudah dalam hal berbisnis juga.
Kerugian
dari Jenis Jaringan WAN
diantaranya adalah biaya operasional yang diperlukan menjadi lebih besar, rentan terhadap bahaya pencurian data-data
yang penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.
2.2.2.4 Wireless
(Tanpa Kabel)
Keuntungan
jenis jaringan Wireless
seperti kenyamanan untuk dapat terhubung ke jaringan tanpa dibatasi oleh kabel,
cocok bagi pengguna yang memerlukan mobilitas yang tinggi, dan lain sebagainya.
Kerugian
jenis jaringan Wireless seperti
transmisi data kepada para pengguna yang lebih lambat dari penggunaan jaringan
dengan kabel, membutuhkan keamanan yang
ketat karena orang yang berada di luar jaringan bisa menerobos ke dalam
jaringan Wireless atau sebagai alternatif dapat menggunakan password.
Beberapa keuntungan yang dapat
diperoleh dengan menggunakan Intranet, yaitu:
·Kemampuan Resources Sharing
(berbagi sumber informasi)
·Kemampuan berbagi pakai data
·Meningkatkan faktor keamanan data
2.2.2.5 Sejarah Intranet dan Perkembangannya Hingga Saat Ini
Dahulu, organisasi-organisasi menemukan
tantangan bagaimana cara agar bisa melakukan komunikasi antara perusahaan dan
antar perusahaan secara efektif dengan biaya yang efisien, tantangan itu
sekarang sudah terjawab dengan kehadiran intranet dan internet. Sejarah awalnya
dimulai pada tahun 1970-an, ARPANET menemukan ide untuk membuat sistem jaringan
untuk berbagi informasi dengan dikembangkannya Telnet dan FTP (File Tranfer
Protocol) dimana para penggunanya bisa mengirim dan menerima data. Akan
tetapi perkembangannya tidak bisa diharapkan sampai kehadiran PC ditahun
1980-an.
Tahun 1992 menjadi tonggak sejarah baru
bagi teknologi ini dengan Internet Protocol (IP) barunya, yaitu Hipertext Transfer Protocol (HTTP). Teknologi ini didesain untuk
meningkatkan efektivitas dalam hal mendokumentasi dan menjadi sebuah aplikasi
handal di internet (red: perkembangan intranet tak pernah lepas dari
perkembangan internet). Pengguna web semakin meningkat ketika diperkenalkannya
sebuah internet browser yang bernama Mosaic, dimana para pengguana dapat
membuat, mengakses dan berbagi informasi. Hal ini sangat memudahkan pengguna
sehingga internet semakin berkembang.
Selama terjadinya evolusi internet,
banyak organisasi (utamanya perusahaan-perusahaan) yang menyadari betapa besar
kekuatan dan potensi teknologi ini jika digunakan didalam perusahaan. Teknologi
ini diharapkan dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan yang ada didalam
perusahaan seperti efektivitas dan efisiensi. Dengan teknologi intranet,
perusahaan dapat membangun kerjasama tim dan juga berbagi berbagai macam
informasi walaupun dengan platform yang berbeda-beda. Intinya, teknologi
ini bisa diterapkan dibanyak perusahaan karena sifatnya yang easy to use atau user
friendly.
Teknologi intarnet ini sangat
menguntungkan bagi perusahaan karena teknologi tersebut sangat bermanfaat
dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan telepon dan teknologi
jaringan pribadi lainnya. Teknologi intranet ini bisa merubah cara orang
bekerja, belajar dan berbagi informasi. Keuntungan lainnya dari intranet adalah
ketersediaan informasi, kemudahan dokumentasi dan aksesibilitas, mengurangi
biaya operasional dan perbaikan serta meningkatkan efisiensi. Semakin hari
tantangan semakin komplek, diharapkan teknologi intranet bisa diganti dengan
teknologi baru yang lebih baik lagi.
Itulah pembahasan mengenai sejarah intranet serta
perkembangannya di dunia, termasuk awal mula terciptanya teknologi intranet.
Beberapa hal yang dapat kita simpulkan dari pembahasn tersebut antara lain
bahwa perkembangan intranet tidak bisa dilepaskan dari perkembangan internet,
karena pada dasarnya intranet adalah internet dalam ruang lingkup yang lebih
terbatas seperti rumah, sekolah, kantor, dan lain-lain. Intranet menjadi
populer ditahun 1990-an ketika banyak perusahaan yang menyadari hebat dan
potensialnya internet jika digunakan didalam ruangan atau lingkup yang terbatas
(baca: intranet).
2.2.2.6 Penggunaan Intranet
Perangkat lunak aplikasi yang
digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di
Intranet digunakan Web, e-mail dll. sama seperti halnya yang digunakan pada
internet. Warnet sebenarnya adalah intranet yang sangat sederhana, kebetulan
tidak ada content yang khusus / spesifik yang internal di warnet.
Web dengan perangkat database di belakangnya, biasanya
merupakan alat bantu yang paling potensial untuk melakukan 2 hal utama
diantaranya adalah:
1.
Membuat
perusahaan / institusi menjadi semakin efisien, pendekatan yang dilakukan ini
biasanya membuat sistem informasi manajemen yang berbasis web & database.
Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya
mengarah ke e-commerce atau dagang melalui Internet. Akan tetapi jika sistem
backoffice MIS / ERP perusahaan belum siap, maka akan terlihat sekali
kecacatannya.
Membuat
perusahaan / institusi jadi semakin kompetitif. Membuat sebuah badan menjadi
kompetitif hanya dapat dilakukan jika kita bisa mengolah secara baik sumber
daya manusia dan sumber daya pengetahuan yang ada pada perusahaan tersebut.
Konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Yaitu
bagaimana kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari
pengetahuan baik itu yang bersifat implisit maupun eksplisit.
2.2.2.7 Cara Kerja
Intranet
2.2.2.8 Keuntungan
dan Kekurangan Intranet
Keuntungan penggunaan intranet bagi
suatu organisasi atau perusahaan adalah sebagai berikut.
a) Intranet tidak harus terhubung ke
Internet. Meskipun terkadang diperlukan juga sambungan internet untuk
mengirimkan e-mail.
b) Menggunakan intranet dan web konsep
teknologi internet. Informasi aman dikelola di dalam organisasi. Masalah
keamanan masih penting.
Selain
memiliki keuntungan Intranet juga memiliki beberapa kelemahan yaitu sebagai
berikut :
a) Informasi yang salah atau tidak
sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
b) Interaksi di intranet yang mungkin
tidak bertanggung jawab
c) Perlu pelatihan khusus untuk anggota
dalam menggunakan intranet
d) Perlu tenaga ahli untuk membangun
dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
e) Bisa terjadi overload atau data
penuh akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontrol dengan baik.
2.2.3 Perbedaan
antara Internet dan Intranet
1. Internet
a. Bisa diakses kapan saja, siapa saja
dan dimana saja.
b. Sebuah jaringan komputer yang besar.
c. Informasi yang dapat diaksespun
dapat berupa teks, grafik, audio maupun video.
d. Perkembangan cepat dan luas sehingga
dapat diakses di seluruh dunia.
e. Jaringan nya sangat luas dan cepat.
2. Intranet
a. Biasa digunakan di universitas,
sekolah, perkantoran/perusahaan (tidak umum).
b. Sebuah sistem jaringan dengan skala
yang lebih kecil.
c. Informasi berita berupa prosedur
tertentu, atau kumpulan data yang dimasukan dalam sistem pusat informasi yang
berdasarkan HTML.
d. Perkembangannya lambat dan tidak
dapat diakses di seluruh dunia.
e. Jaringannya tidak luas.
2.2.4 Internet
dalam Bidang Psikologi
Pada
zaman sekarang ini internet dapat memudahkan kita dalam bekerja, khususnya
dalam bidang Psikologi ini. Contohnya E-Counseling atau sering disebut e-mail
counseling yang sangat bermanfaat untuk para klien, dimana e-counseling ini
sebagai media untuk para klien mengutarakan masalahnya terhadap psikolog.
Fungsi dari e-counseling ini untuk membantu terapis mengumpulkan data yang terkait
dengan kliennya sebelum terapis dan kliennya bertemu untuk proses terapis yang
selanjutnya.
Bentuk lain dari penerapan teknologi
dalam psikologi ini adalah program SPSS. Psikologi menggunakan program SPSS ini
untuk mengolah data. Aplikasi ini sangat membantu ketika para psikolog ingin
melakukan penelitian di bidang psikologi ini dengan metode kuantitatif. Dalam
penelitian ini tidak akan menggunakan hanya satu objek, akan tetapi menggunakan
banyak objek, karena untuk memperoleh hasil yang sangat akurat diperlukanlah
SPSS ini. Data yang diperoleh ini bukanlah data yang sedikit, dan sangat
melebihi daya tamping manusia jika dilakukan secara manual, dan bisa
mengakibatkan kelelahan, serta jika hasilnya tersebut tidak akurat, akan sangat
membuang energy dalam pelaksanaannya. Dengan aplikasi SPSS ini berbagai masalah
yang muncul diolah sevara manual tadi dapat teratasi.
Secara
khusus, 10 jenis aplikasi internet psikologis antara lain :
1. Information resources on psychological concepts and
issues;
2. Self-help guides;
3. Psychological testing and assessment;
4. Help in deciding to go into therapy;
5. Information about specific psychological services;
6. Single-session psychological advice through e-mail or
e-bulletin boards;
7. Ongoing personal counseling and therapy through e-mail;
8. Real-time counseling through chat, web telephony, and
videoconferencing;
9. Synchronous and asynchronous support groups, discussion
groups, and group counseling;
10. Psychological and social research.
(google search, wikipedia)
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan
uraian yang telah dijelaskan dalam makalah ini menyangkut soal Intranet dan
Internet maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
·
Internet
adalah seluruh jaringan komputeryang saling
terhubung menggunakan standarsistem global Transmission
Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai
protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
·
Intranet adalah sebuah
jaringan
privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol
Internet
(TCP/IP),
untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan
tersebut kepada karyawannya.
Dan diantara keduanya terdapat banyak perbedaan misalkan
internet cangkupan skalanyanya luas sedangkan intranet cangkupannya sklanyanya
kecil. Internet bisa diakses dimanapun namun intranet itu terbatas biasanya
hanya pada tempat-tempat tertentu. Dalam keduanya terdapat kelebihan dan
kekurangan masing-masing dan bisa jadi pertimbangan bagi orang-orang untuk
memilih jaringan komputer sesuai dengan kebutuhannya.
3.2 Saran
Internet
merupakan sebuah layanan di dunia maya yang sangat banyak pengaruhnya dalam
kehidupan kita. Untuk itu pergunakan akses internet dengan sebaik - baiknya dan
untuk hal - hal yang bermanfaat, jangan gunakan kecanggihan internet untuk
hal-hal yang bersifat destruktif atau merusak kehidupan kita yang sekarang
maupun di masa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
8. http://www.4shared.com/file/QeW3sBN3/tentang_internet_dan_intranet.html?cau2=403t
Null&ua=WINDOWS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar