Selasa, 06 Januari 2015

KAJIAN TENTANG INTRANET DAN INTERNET

KAJIAN TENTANG INTRANET DAN INTERNET

 

BAB I

PENDAHULUAN

           
1.1 Latar Belakang


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang dan tak mungkin dielakan lagi. Pada zaman sekarang perkembangan dalam hal ini begitu pesat. Semua lapisan pasti merasakan adanya perkembangan zaman dalam hal teknologi semakin berkembang. Sebelum pengaplikasian melalui praktik langsung seharusnya kita semua paham betul tentang pengertian, fungsi dan dampak dari intranet dan internet yang dewasa ini sudah tak asing lagi. Hal ini bisa diharapkan dapat mengurangi penyalahgunaan dan meminamilisir dari kejahatan yang medianya melalui intranet dan internet.

1.2 Rumusan Masalah


1. Apakah pengertian dari intranet dan internet?
2. Bagaimana sejarah dari intranet dan internet?
3. Bagaimana pengunaan dari intranet dan internet?
4. Apakah keuntungan dan kerugian dari intranet dan internet?

1.3 Tujuan

1.      Mengetahui pengertian dari intranet dan internet.
2.      Mengetahui bagaimana sejarah dari intranet dan internet.
3.      Mengetahui bagaimana pengunaan dari intranet dan internet.
4.      Mengetahui jaringan dari intranet dan internet.
5.      Mengetahui keuntungan dan kerugian dari intranet dan internet.

1.4 Manfaat

Adapun mengenai manfaat dari penulisan karya tulis ini, penulis penulis memeiliki tujuan sebagai berikut:
1.       Menambah wawasan.
2.       Memperluas pendalaman konsep pelajaran TIK.
3.       Meminamilisir dari penyalahgunaan.





















BAB II

INTERNET DAN INTRANET

2.1  Internet

2.1.1        Pengertian Internet

Internet merupakan salah satu hasil pengembangan aplikasi komputer. Internet (Interconnection Networking) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace).
Berikut adalah beberapa alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet:
1.            Modem
c
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modem berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya. Modem digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain.
2.      Router
Router digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Perbedaannya dengan modm, router hanya digunakan dalam server jaringan. Namun, modem dan router merupakan satu kesatuan jaringan. Pada sistem yang bukan jaringan tidak dibutuhkan router, hanya modem.
3.      Hub
         Hub menghubungkan beberapa PC dalam satu LAN. Hub memiliki port yang dikoneksikan ke masing-masing komputer. Semua komputer bisa berkomunikasi melalui port tersebut. Hub memiliki 4 hingga 64 port atau bisa lebih. Salah satu kelemahannya adalah pada saat sebuah komputer sedang mengirim data, maka seluruh komputer pada hub tersebut tidak boleh mengirim data agar tidak bertabrakan. Hal ini membuat efisiensi penggunaan saluran menjadi rendah. Untuk menyambungkan ke internet, Hub digunakan di belakang router karena router memiliki batas jumlah port.
4.            Switch
Switch mempunyai fungsi yang sama dengan hub, hanya saja mempunyai kemampuan yang lebih baik. Switch digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu.

2.1.2        Sejarah Singkat Internet

Pada tahun 1970-an, ARPANET menemukan ide untuk membuat sistem jaringan untuk berbagi informasi dengan dikembangkannya Telnet dan FTP (File Tranfer Protocol) yang para penggunanya bisa mengirim dan menerima data. Tetapi perkembangannya tidak bisa diharapkan karena kehadiran PC ditahun 1980-an.
Tahun 1992 menjadi tonggak sejarah baru bagi teknologi ini dengan Internet Protocol (IP) barunya, yaitu Hipertext Transfer Protocol (HTTP). Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan efektivitas dalam hal mendokumentasi dan menjadi sebuah aplikasi handal di internet. Pengguna web semakin meningkat ketika diperkenalkannya sebuah internet browser yang bernama Mosaic, yaitu para penggunanya dapat membuat, mengakses dan berbagi informasi. Hal ini dapat memudahkan pengguna sehingga internet semakin berkembang..
Selama terjadinya evolusi internet, perusahaan-perusahaan yang menyadari betapa besar kekuatan dan potensi teknologi ini jika digunakan didalam perusahaan. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah dalam perusahaan mengenai efektivitas dan efisiensi. Dengan intranet, perusahaan dapat membangun kerjasama tim dan dapat saling berbagi informasi meskipun berada di ruangan yang berbeda-beda. Jadi, teknologi intranet ini banyak diterapkan di berbagai perusahaan karena sifatnya yang mudah digunakan.
Teknologi intarnet sangat menguntungkan perusahaan karena teknologi memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan telepon dan teknologi jaringan pribadi lainnya. Keuntungan lainnya dari intranet adalah kemudahan dokumentasi, ketersediaan informasi, dan aksesibilitas, mengurangi biaya operasional dan perbaikan serta meningkatkan efesiensi.
Perkembangan intranet tidak bisa dilepaskan dari perkembangan internet, karena pada dasarnya intranet adalah internet dalam ruang lingkup yang lebih terbatas seperti rumah, sekolah, kantor, dan lain-lain. Intranet menjadi populer ditahun 1990-an ketika banyak perusahaan yang menyadari hebat dan potensialnya internet jika digunakan didalam ruang lingkup yang lebih terbatas.

1.2.2 Kejadian Penting Lainnya Terkait Dunia Internet

Tahun 1972, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Computer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
   Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.

2.1.3        Kegunaan Internet


         Fungsi dan kegunaan internet utamanya sebagai media peringan pekerjaan kita.  Dengan adanya internet, waktu yang kita gunakan dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Internet kini banyak kegunaannya meliputi bidang sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.

Berikut adalah kegunaan internet secara umum:
1. Sarana Sumber Informasi
         Dengan adanya internet, informasi semakin cepat kita dapat dikarenakan ada sarana dari berbagai search engines atau mesin pencari yang dapat mencari hal yang kita butuhkan. Pencarian kita itu dapat berbentuk file, gambar, musik, film, video, dan lain-lain.

2. Jual Beli secara Online
        
3. Pembaharuan Berita
         Dewasa ini pembaharuan mengenai berita-berita teraktual dan terkini telah bisa kita dapatkan melalui layanan internet, bahkan pembaharuan tersebut dilakukan dalam hitungan detik. Koran pun kini tersedia secara online.

4. Fasilitas Penunjang Pendidikan
        

5. Komunikasi
           

2.1.4 Keuntungan dan kerugian internet dalam berbagai bidang.


Selama ini selalu menjadi perdebatan dikalangan masyarakat bahwa sejatinya, internet hanyalah media komunikasi seperti halnya komunikasi selular ataupun komunikasi melalui burung merpati sekalipun. Semua media komunikasi dari waktu kewaktu pasti membawa dampak baik atau buruk pada manusia.

Pemanfaatan internet pada bidang pendidikan bukanlah hal yang langka. Kini kita dengan mudah dapat mengakses buku-buku yang bisa dibaca dengan online ataupun offline (setelah kita download/unduh terlebih dulu). Buku-buku selain yang berkaitan dengan pendidikan juga sudah banyak tersedia. Hal ini tentu saja menjadikan internet sebagai fasilitas pendidikan. Berbagai lembaga pendidikan juga kini telah menggunakan media internet untuk memaksimalkan kemampuan yang mereka miliki. 

Keuntungan internet: 
·               Dengan internet, kini seorang siswa bisa belajar melalui sistem pembelajaran jarak jauh. Bahkan seorang siswa masih bisa mengikuti berbagai mata pelajaran yang telah diajarkan di sekolah meski sedang berada di luar negeri sekalipun. 
·Semakin mudah untuk bisa mencari berbagai program beasiswa yang diadakan diseluruh dunia melalui internet. 
·Siswa mudah mencari bahan untuk mengembangkan ilmu mereka. 
·Lembaga pendidikan atau guru dapat dengan mudah memberikan pengumuman kepada siswanya melalui sarana internet. 
Kerugian internet: 
·               Banyak siswa yang menjiplak karya orang lain untuk diakui sebagai karyanya di depan pengajarnya. 
·               Sering disalah gunakan siswa untuk mengakses hal yang tak berhubungan dengan pendidikan, yang bisa membuat pelajaran terbengkalai. Seperti misalnya media sosial, game atau situs dewasa. 
Internet memang sarana komunikasi yang sangat efektif. Internet diketahui tak hanya bermanfaat untuk pendidikan, namun juga baik untuk ekonomi. Internet menawarkan berbagai kemudahan untuk bertransaksi secara online. Melalui internet, penjual dapat memasarkan dan menjual produk secara instan. Kita sebagai konsumen, hanya butuh menentukan produk atau layanan pada halaman situs yang disediakan penjual, lalu membayarnya dengan kartu kredit ataupun transfer tunai di bank terdekat, atau ada juga yang menyediakan sistem pembayaran cash on delivery (COD) yakni transaksi yang dilakukan saat bertemu kurir barang ataupun penjual itu sendiri, setelah itu kita mendapatkan produk atau layanan yang kita kehendaki. Dengan semakin tingginya kesuksesan jual beli online, ini berarti semakin banyak lapangan kerja yang akan dibuka. 
Selain keuntungan yang sudah dijelaskan di atas, berikut adalah beberapa kerugian internet di bidang ekonomi: 
·         Maraknya penipuan seperti toko online palsu dan lainnya. 
·         Maraknya kejahatan yang melibatkan transaksi kartu kredit.
·         Maraknya pencurian data perusahaan oleh orang tak bertanggung jawab. 

Tak hanya ekonomi dan pendidikan, internet juga masuk ke berbagai sendi masyarakat yang memiliki dampak tersendiri. Dengan internet, tingkat sosial masyarakat berkembang dengan pesat. Email, chatting, video conference, adalah beberapa contoh yang dapat kita gunakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan rekan jarak jauh. Jejaring sosial juga dapat membantu kita memiliki banyak teman di dunia maya dan menjalin pertemanan tanpa batas.  Berikut beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai keuntungan internet di bidang sosial: 
·         Komunikasi berkembang pesat. Tak sekedar komunikasi biasa, kini orang bisa bersosialisasi dengan teman – temannya yang jauh keberadaannya, maupun dengan orang lain yang belum diakenal melalui sebuah komunitas online seperti di Facebook. 
·         Masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai hiburan dengan mudah dari belahan dunia manapun. 
·         Masyarakat dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam kehidupan baik itu seperti membayar tagihan listrik, PAM, dan tagihan lainnya secara online. Ini membuat waktu yang digunakan menjadi efektif. 
Kerugian internet di bidang sosial: 
·         Komunikasi tidak lagi bertatap muka seperti dahulu. Ini baik untuk teman yang jauh keberadaannya. Namun terkadang ini justru bisa menjauhkan teman yang keberadaannya dekat dengan kita, karena lebih memilih berkomunikasi di internet daripada secara langsung. 




2.1.5 Tokoh – Tokoh Internet

1. Pierre Omidyar
Pierre Omidyar merilis eBay pada 4 September 1995. Pada saat itu usianya 28 tahun. eBay adalah sebuah  situs lelang online. Awalnya, Pierre menciptakan eBay untuk menolong seorang teman dekatnya yang ingin menjual sebuah produk. Setelah dari itu, eBay berkembang dengan pesat menjadi ladang bisnis yang sangat prospektif dan menguntungkan. Dan sekarang eBay pun menjadi sebuah situs lelang online terbesar di dunia.
Dalam sebuah wawancara dengan Pierre, dia menyatakan bahwa kesuksesan eBay tidak dapat lepas dari dua hal. Pertama, kuatnya komunitas antara penjual dan pembeli yang jumlahnya dapat mencapai ratusan juta orang. Kedua, nilai-nilai baik yang dianutnya. Dalam bisnis, Pierre percaya bahwa pada hakikatnya setiap manusia itu baik dan setiap orang memiliki suatu kelebihan yang dapat dibagikan kepada orang lain. Selain itu, Pierre percaya bahwa kejujuran dan keterbukaan dapat membawa kebaikan pada diri manusia itu sendiri. Maka, peraturan “emas” eBay adalah mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik. Pierre pun berharap para anggotanya dapat mengikuti contoh yang telah diberikannya.
2.            Larry Page dan Sergey Brin
         Larry Page dan Sergey Brin merilis Google pada 4 September 1998.  Saat mereka berdua menciptakan Google, mereka baru berusia 25 tahun dan 24 tahun. “Kantor” pertama mereka yaitu sebuah garasi. Google adalah sebuah mesin pencari yang dapat menampilkan semua jenis dan bentuk informasi di internet. Google digemari banyak orang terutama para mahasiswa. Maka, dalam beberapa tahun saja, Google berkembang sangat pesat dan meraup keuntungan hingga miliaran dollar AS. Sekarang, Google dapat disebut sebagai mesin pencari teratas di dunia. Kisah sukses Larry Page dan Sergey Brin dalam menciptakan dan mengembangkan Google telah menginspirasi banyak orang terutama kalangan muda dan khususnya para penggemar teknologi informasi.

3.            Mark Zuckerberg
         Ketika menciptakan situs jejaring sosial yang bernama Facebook, Mark Zuckerberg baru berusia 19 tahun. Ia menciptakan Facebook untuk membantu membangun jejaring sosial bagi para remaja di kampusnya pada waktu itu, Universitas Harvard. Sekarang, Facebook adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia. Di bawah pimpinan sang penemu, situs ini terus tumbuh hari demi hari. Jutaan pengguna baru situs jejaring sosial ini terus bertambah setiap bulan.

4.            Jerry Yang  dan David Filo
5.                  Blake Aaron Ros
Blake Ross adalah seorang pemuda yang menciptakan Mozilla, fasilitas yang bisa digunakan untuk menjelajahi internet. Mozilla dirilis untuk umum pada November 2004. Pada saat itu, umur Blake baru berusia 19 tahun. Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, sebuah program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt.  Setelah itu, namanya pun berubah menjadi Mozilla Firefox. Dengan perkembangan yang amat pesat, Mozilla Firefox diterima oleh netizen atau para pengguna internet di dunia. Karena Mozilla Firefox dinilai lebih aman dan mudah dipakai. Ia juga dinilai oleh netizen mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini kita ketahui dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer. Kesuksesan Blake ini menjadi inspirasi banyak sekali orang dan atas kesuksesannya pula ia mendapatkan banyak pujian.

6. Jack Dorse
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diadakan oleh anggota dewan Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan idenya ketika individu dapat menggunakan layanan SMS untuk berkomunikasi dengan kelompok kecil. Rencana ini dimulai pada bulan Maret dan dirilis pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007. Twitter mempunyai julukan “Pesan Singkat” dari internet. Twitter juga menjadi situs jejaring sosial kedua terbesar di dunia yang mana peringkat pertama diduduki oleh Facebook.

7. Matt Mullenweg
         Matt Mullenweg adalah pencipta situs penyedia blog gratisan yaitu WordPress. Ia baru berusia 19 tahun ketika mulai menciptakan WordPress. WordPress menjadi terkenal dalam waktu singkat. Alasannya, situs ini mudah dipakai dan selalu diperbarui. Pada tahun 2008, tercatat ada sekitar 230 juta pengakses aktif dengan 6.5 miliar halaman. Lalu, ada sekitar 35 juta posting baru dengan tambahan rata-rata 4 juta posting setiap bulan. Matt juga pernah datang ke Jakarta pada Januari 2009. Matt menyatakan bahwa ia tidak akan menjual WordPress ke perusahaan besar dengan harga ’selangit’. Ia juga pernah berkata bahwa tidak mencari keuntungan dari WordPress. Keuntungan telah ia dapatkan dari beberapa perusahaan yang dimilikinya.

2.2 Intranet

2.2.1 Pengertian Intranet     

Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP) untuk membagi informasi penting dalam ruang lingkup lokal. Untuk membuat sebuah jaringan intranet, sebuah jaringan harus memiliki beberapa komponen yaitu protokol internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. Intranet juga dapat diartikan sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet”. Intranet biasanya digunakan di warnet, internal perusahaan, organisasi, kantor dan sebagainya. Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan internet", atau sebagai sebuah versi dari internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

2.2.2 Jaringan Komputer Yang Termasuk Intranet

         Ada beberapa jaringan komputer yang termasuk ke dalam intranet yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network) dan Wireless. Keempatnya memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing.

2.2.2.1 LAN (Local Area Network)

         Local Area Network atau yang disingkat LAN, merupakan jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan beberapa perangkat jaringan yang cukup sederhana dan mudah didapatkan, seperti menggunakan kabel UTP atau Unshielded Twisted-Pair, Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.  Contoh dari jaringan yang berbasis LAN ini adalah komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, kantor, warnet, bahkan antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.
                     Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih hemat dalam pengeluaran biaya operasional dan dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang relatif sempit, dan tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan komputer LAN.
                     Kerugian dari penggunaan jenis jaringan ini adalah cakupan wilayah jaringan yang sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan tersebut menjadi sulit dan wilayah cakupan transfer data tidak begitu luas.

2.2.2.2 MAN (Metropolitan Area Network)

                     Keuntungan dari jenis jaringan komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien dan efektif, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan ini menjadi lebih baik.
                     Kerugian dari jenis jaringan komputer MAN diantaranya adalah lebih banyak menggunakan biaya operasional, mempunyai peluang  menjadi target operasi oleh para Cracker atua bahkan hacker untuk mendapatkan keuntungan pribadi, dan jika terjadi kerusakan untuk memperbaiki jaringan MAN ini diperlukan waktu yang cukup lama.

2.2.2.3 WAN (Wide Area Network)


                     Keuntungan Jenis Jaringan Komputer WAN diantaranya adalah cakupan wilayah jaringannya  yang  luas sekali, lebih dari jenis jaringan komputer LAN dan MAN,  berbagi informasi menjadi lebih rahasia, lebih aman, lebih efisien, terarah, dan lebih mudah dalam mengembangkan dan mempermudah dalam hal berbisnis juga.
                     Kerugian dari Jenis Jaringan WAN diantaranya adalah biaya operasional yang diperlukan menjadi lebih besar,  rentan terhadap bahaya pencurian data-data yang penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.

2.2.2.4 Wireless (Tanpa Kabel)

            Keuntungan jenis jaringan Wireless seperti kenyamanan untuk dapat terhubung ke jaringan tanpa dibatasi oleh kabel, cocok bagi pengguna yang memerlukan mobilitas yang tinggi, dan lain sebagainya.
            Kerugian jenis jaringan Wireless seperti transmisi data kepada para pengguna yang lebih lambat dari penggunaan jaringan dengan  kabel, membutuhkan keamanan yang ketat karena orang yang berada di luar jaringan bisa menerobos ke dalam jaringan Wireless atau sebagai alternatif dapat menggunakan password.
Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan Intranet, yaitu:
·Kemampuan Resources Sharing  (berbagi sumber informasi)
·Kemampuan berbagi pakai data
·Meningkatkan faktor keamanan data

2.2.2.5 Sejarah Intranet dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Dahulu, organisasi-organisasi menemukan tantangan bagaimana cara agar bisa melakukan komunikasi antara perusahaan dan antar perusahaan secara efektif dengan biaya yang efisien, tantangan itu sekarang sudah terjawab dengan kehadiran intranet dan internet. Sejarah awalnya dimulai pada tahun 1970-an, ARPANET menemukan ide untuk membuat sistem jaringan untuk berbagi informasi dengan dikembangkannya Telnet dan FTP (File Tranfer Protocol) dimana para penggunanya bisa mengirim dan menerima data. Akan tetapi perkembangannya tidak bisa diharapkan sampai kehadiran PC ditahun 1980-an.
Tahun 1992 menjadi tonggak sejarah baru bagi teknologi ini dengan Internet Protocol (IP) barunya, yaitu Hipertext Transfer Protocol (HTTP). Teknologi ini didesain untuk meningkatkan efektivitas dalam hal mendokumentasi dan menjadi sebuah aplikasi handal di internet (red: perkembangan intranet tak pernah lepas dari perkembangan internet). Pengguna web semakin meningkat ketika diperkenalkannya sebuah internet browser yang bernama Mosaic, dimana para pengguana dapat membuat, mengakses dan berbagi informasi. Hal ini sangat memudahkan pengguna sehingga internet semakin berkembang.
Selama terjadinya evolusi internet, banyak organisasi (utamanya perusahaan-perusahaan) yang menyadari betapa besar kekuatan dan potensi teknologi ini jika digunakan didalam perusahaan. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan yang ada didalam perusahaan seperti efektivitas dan efisiensi. Dengan teknologi intranet, perusahaan dapat membangun kerjasama tim dan juga berbagi berbagai macam informasi walaupun dengan platform yang berbeda-beda. Intinya, teknologi ini bisa diterapkan dibanyak perusahaan karena sifatnya yang easy to use atau user friendly.
Teknologi intarnet ini sangat menguntungkan bagi perusahaan karena teknologi tersebut sangat bermanfaat dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan telepon dan teknologi jaringan pribadi lainnya. Teknologi intranet ini bisa merubah cara orang bekerja, belajar dan berbagi informasi. Keuntungan lainnya dari intranet adalah ketersediaan informasi, kemudahan dokumentasi dan aksesibilitas, mengurangi biaya operasional dan perbaikan serta meningkatkan efisiensi. Semakin hari tantangan semakin komplek, diharapkan teknologi intranet bisa diganti dengan teknologi baru yang lebih baik lagi.
Itulah pembahasan mengenai sejarah intranet serta perkembangannya di dunia, termasuk awal mula terciptanya teknologi intranet. Beberapa hal yang dapat kita simpulkan dari pembahasn tersebut antara lain bahwa perkembangan intranet tidak bisa dilepaskan dari perkembangan internet, karena pada dasarnya intranet adalah internet dalam ruang lingkup yang lebih terbatas seperti rumah, sekolah, kantor, dan lain-lain. Intranet menjadi populer ditahun 1990-an ketika banyak perusahaan yang menyadari hebat dan potensialnya internet jika digunakan didalam ruangan atau lingkup yang terbatas (baca: intranet).

2.2.2.6 Penggunaan Intranet

Perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet digunakan Web, e-mail dll. sama seperti halnya yang digunakan pada internet. Warnet sebenarnya adalah intranet yang sangat sederhana, kebetulan tidak ada content yang khusus / spesifik yang internal di warnet.
Web dengan perangkat database di belakangnya, biasanya merupakan alat bantu yang paling potensial untuk melakukan 2 hal utama diantaranya adalah:
1.            Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin efisien, pendekatan yang dilakukan ini biasanya membuat sistem informasi manajemen yang berbasis web & database. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce atau dagang melalui Internet. Akan tetapi jika sistem backoffice MIS / ERP perusahaan belum siap, maka akan terlihat sekali kecacatannya.
Membuat perusahaan / institusi jadi semakin kompetitif. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya dapat dilakukan jika kita bisa mengolah secara baik sumber daya manusia dan sumber daya pengetahuan yang ada pada perusahaan tersebut. Konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Yaitu bagaimana kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yang bersifat implisit maupun eksplisit.

2.2.2.7 Cara Kerja Intranet

2.2.2.8 Keuntungan dan Kekurangan Intranet

Keuntungan penggunaan intranet bagi suatu organisasi atau perusahaan adalah sebagai berikut.
a)      Intranet tidak harus terhubung ke Internet. Meskipun terkadang diperlukan juga sambungan internet untuk mengirimkan e-mail.
b)      Menggunakan intranet dan web konsep teknologi internet. Informasi aman dikelola di dalam organisasi. Masalah keamanan masih penting.

Selain memiliki keuntungan Intranet juga memiliki beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut :
a)      Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
b)      Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
c)      Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
d)     Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
e)      Bisa terjadi overload atau data penuh akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontrol dengan baik.

2.2.3 Perbedaan antara Internet dan Intranet

1. Internet
a.       Bisa diakses kapan saja, siapa saja dan dimana saja.
b.      Sebuah jaringan komputer yang besar.
c.       Informasi yang dapat diaksespun dapat berupa teks, grafik, audio maupun video.
d.      Perkembangan cepat dan luas sehingga dapat diakses di seluruh dunia.
e.       Jaringan nya sangat luas dan cepat.

2.   Intranet
a.       Biasa digunakan di universitas, sekolah, perkantoran/perusahaan (tidak umum).
b.      Sebuah sistem jaringan dengan skala yang lebih kecil.
c.       Informasi berita berupa prosedur tertentu, atau kumpulan data yang dimasukan dalam sistem pusat informasi yang berdasarkan HTML.
d.      Perkembangannya lambat dan tidak dapat diakses di seluruh dunia.
e.       Jaringannya tidak luas.

2.2.4 Internet dalam Bidang Psikologi

            Pada zaman sekarang ini internet dapat memudahkan kita dalam bekerja, khususnya dalam bidang Psikologi ini. Contohnya E-Counseling atau sering disebut e-mail counseling yang sangat bermanfaat untuk para klien, dimana e-counseling ini sebagai media untuk para klien mengutarakan masalahnya terhadap psikolog. Fungsi dari e-counseling ini untuk membantu terapis mengumpulkan data yang terkait dengan kliennya sebelum terapis dan kliennya bertemu untuk proses terapis yang selanjutnya.
            Bentuk lain dari penerapan teknologi dalam psikologi ini adalah program SPSS. Psikologi menggunakan program SPSS ini untuk mengolah data. Aplikasi ini sangat membantu ketika para psikolog ingin melakukan penelitian di bidang psikologi ini dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini tidak akan menggunakan hanya satu objek, akan tetapi menggunakan banyak objek, karena untuk memperoleh hasil yang sangat akurat diperlukanlah SPSS ini. Data yang diperoleh ini bukanlah data yang sedikit, dan sangat melebihi daya tamping manusia jika dilakukan secara manual, dan bisa mengakibatkan kelelahan, serta jika hasilnya tersebut tidak akurat, akan sangat membuang energy dalam pelaksanaannya. Dengan aplikasi SPSS ini berbagai masalah yang muncul diolah sevara manual tadi dapat teratasi.
Secara khusus, 10 jenis aplikasi internet psikologis antara lain :
1. Information resources on psychological concepts and issues;
2. Self-help guides;
3. Psychological testing and assessment;
4. Help in deciding to go into therapy;
5. Information about specific psychological services;
6. Single-session psychological advice through e-mail or e-bulletin boards;
7. Ongoing personal counseling and therapy through e-mail;
8. Real-time counseling through chat, web telephony, and videoconferencing;
9. Synchronous and asynchronous support groups, discussion groups, and group counseling;
10. Psychological and social research.
  (google search, wikipedia)














BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan dalam makalah ini menyangkut soal Intranet dan Internet maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
·               Internet adalah  seluruh jaringan komputeryang saling terhubung menggunakan standarsistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
·   Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.
Dan diantara keduanya terdapat banyak perbedaan misalkan internet cangkupan skalanyanya luas sedangkan intranet cangkupannya sklanyanya kecil. Internet bisa diakses dimanapun namun intranet itu terbatas biasanya hanya pada tempat-tempat tertentu. Dalam keduanya terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing dan bisa jadi pertimbangan bagi orang-orang untuk memilih jaringan komputer sesuai dengan kebutuhannya.

3.2 Saran

Internet merupakan sebuah layanan di dunia maya yang sangat banyak pengaruhnya dalam kehidupan kita. Untuk itu pergunakan akses internet dengan sebaik - baiknya dan untuk hal - hal yang bermanfaat, jangan gunakan kecanggihan internet untuk hal-hal yang bersifat destruktif atau merusak kehidupan kita yang sekarang maupun di masa mendatang.




DAFTAR PUSTAKA


8.      http://www.4shared.com/file/QeW3sBN3/tentang_internet_dan_intranet.html?cau2=403t Null&ua=WINDOWS

1 komentar: