Selasa, 06 Januari 2015

SOFTWARE PENGOLAH MULTIMEDIA

SOFTWARE PENGOLAH MULTIMEDIA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1              LATAR BELAKANG MASALAH
Dewasa ini, perkembangan teknologi dan informasi semakin tinggi. Bahkan kemunculan teknologi baru dapat dilihat setiap hari. Ini menunjukkan bahwa, teknologi begitu dibutuhkan dalam kehidupan ini, karena kegunaannya yang dapat dirasakan oleh umat manusia dalam kehidupannya, baik sebagai pelajar, pengajar maupun dalam proses belajar mengajar serta dalam bidang – bidang lainnya yang memanfaatkan teknologi.
Perkembangan teknologi inipun membawa multimedia sebagai salah satu komponen penting yang mendukung daya guna dan daya tarik pengguna terhadap teknologi, dalam hal ini khususnya adalah komputer yang didalamnya memuat pengolah media yang sudah sering kita lihat hasil dari pengolah multimedia ini dalam berbagai bentuk.
Pengolah multimedia apa saja yang terdapat dalam komputer dan bagaimana kaitannya dengan aspek psikologi, kami akan mencoba memaparkan sedikit dari berbagai kaitan yang ada mengenai hal tersebut dalam makalah yang kami susun ini.
1.2              RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan pengolah multimedia ?
2.      Apa saja bagian – bagian Perangkat Lunak Multimedia ?
3.      Apa saja macam – macam pengolah multimedia ?
4.      Bagaimana manfaat penggunaan pengolah multimedia dalam kehidupan ?
5.      Bagaimana kaitan antara penggunaan pengolah multimedia terhadap aspek psikologi manusia?
1.3              TUJUAN
1.      Mengetahui apa yang dimaksud dengan pengolah multimedia
2.      Mangetahui bagian – bagian Perangkat Lunak Multimedia
3.      Mengetahui macam – macam pengolah multimedia
4.      Menjelaskan bagaimana penggunaan pengolah multimedia dalam kehidupan
5.      Menjelaskan bagaimana kaitan antara penggunaan pengolah multimedia terhadap aspek psikologi manusia
1.4              MANFAAT
Manfaat yang dapat didapatkan dari pembahasan mengenai pengolah multimedia ini adalah dapat mengetahui informasi mengenai pengolah multimedia, serta dapat menggunakan pengolah multimedia dalam kehidupan sehari-hari. Serta bagaimana kaitan multimedia dengan aspek psikologi pada manusia. 

BAB II
PEMBAHASAN
2.1              Pengertian Pengolah Multimedia
1.      Pengertian Pengolah
Pengertian mengenai pengolah adalah sebagai berikut : secara bahasa menurut Kamus Besar Bahasan Indonesia (KBBI) “pengolah berarti alat (orang) yang mengolah”.  
2.      Pengertian multimedia
a.       Pengertian media
Media merupakan salah satu kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari hari. Istilah media merupakan bentuk jamak dari medium secara harfiah berarti “perantara atau pengantar”. Menurut AECT ( 1972:21) Media didefinisikan sebagai  segala bentuk dan saluran untuk proses transmisi. Dalam definisi ini media dilihat dari teknologi dari komunikasi dan teknologi dari komputer itu sendiri. Lebih lanjut menurut Olson (1974:12)
b.      Pengertian Multimedia
Multimedia dapat difahami secara terpisah antara multi dan media.. Depdiknas dalam standar kompetesi Nasional (SKN) program keahlian Multimedia dan Audio visual kata multimedia dimaknai dengan merujuk pada kamus The American Heritage® Dictionary of the English Language: Fourth Edition. 2000. kata “multimedia” diartikan sebagai berikut:
Istilah multimedia lahir melalui media masa diawal 1990. Kata  ini dipakai untuk menyatukan berbagai teknologi digital dan analog dibidang entertainment, publishing, communications, marketing, advertising, dan juga commerce. Multimedia merupakan penggabungan dua kata ”multi” dan “media”. Multi berarti “banyak” sedangkan media atau bentuk jamaknya berarti “medium”.
Pendapat beberapa tokoh ada  yang perlu kita pertimbangkan untuk menambah pemahaman kita mengenai multimedia, sebut saja :
Multimedia sebenarnya adalah suatu  istilah generik bagi suatu media yang menggabungkan berbagai macam  media baik untuk tujuan pembelajaran maupun keperluan lainnya. Keragaman media ini diantaranya adalah teks, audio, animasi, video, bahkan simulasi. Tay (2000) memberikan definisi multimedia sebagai : Kombinasi teks, grafik, suara, animasi dan video. Bila pengguna mendapatkan kebebasan  dalam mengontrol maka hal ini disebut multimedia interaktif. Lalu ketika media belajar ditampilkan dalam bentuk audio yang dikemas analog dengan pita kaset, baik sebagai suplemen buku materi pokok, maka media tersebut kita kenal dengan istilah media audio. Media audio ini terpisah dengan buku teks, sehingga ada dua media,  satu dengan teks dan satu lagi media audio. Disinilah istilah ini sering disamakan  dengan multimedia, yaitu pemakaian lebih dari satu media dalam proses pembelajaran.
Dan ketika media teks dikemas dengan webpage lalu disisipi dengan audio, animasi, dan gambar diam pada halaman web tersebut maka konvergensi, penggabungan antar empat elemen sudah terjadi maka padanan minimal multimedia sudah identifikasi, sebagai bahan ajar yang multimedia, kata multimedia disatukan dan tidak dipisahkan seperti mutli media.
            Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pengolah multimedia adalah alat yang digunakan untuk mengolah berbagai macam media (multimedia).
2.2              Bagian – bagian Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1.         Bahasa Pemrograman Multimedia
Merupakan media (bahasa-bahasa) yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :
- Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)
Dapat digunakan untuk membuat game (Nintendo Entertainment System / NES, SEGA, maupun Nemesis)
- Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++)
Contoh lainnya adalah : Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java, dll.
2.         Perangkat Lunak System Multimedia
Terdiri dari sistem operasi dan program utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah suatu system yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Beberapa system multimedia yang banyak digunakan, yaitu sebagai berikut :
- DOS (Disk Operating System)
- Windows 95 / 98 / 2000
- Windows NT / XP
- Linux
3.         Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image / gambar, audio grafik, video, dll. Dilihat dari fungsi perangkat lunak multimedia terdapat banyak sekali jenis dari aplikasi multimedia.

2.3              Macam – macam Pengolah Multimedia
Ada banyak macam-macam pengolah multimedia yang sudah tersebar dan digunakan oleh banyak orang saat ini, diantaranya :
1.                  AdobePhotoshop
            Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar / foto yang sangat lengkap dengan segala fasilitasnya. Software ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan titik dengan tingkat kerapatan tertentu. yang kemudian kita kenal dengan istilah pixel.
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
2.                  CorelDraw
        CorelDraw diciptakan oleh Corel Corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri program berbasis vector /garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai dengan berapapun ukurannya. CorelDraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol, dll.
3.                  Macromedia FreeHand
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.E
4.                  Corel Photo Paint
Corel PhotoPaint (Corel PHOTO-PAINT) adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.
5.                  Adobe flash Profesonal
Software ini berfungsi untuk membuat konten yang interaktif,di produksi oleh: adobe. 
6.                   Adobe premire pro
Software ini mempunyai kelebihan untuk mengedit video dengan format yang tinggi,di produksi oleh : adobe. 
7.                  Corel videostudio
Mengubah dan mengedit video
8.                   Adobe audution
Untuk membantu membuat video dan audio terbaik produksi anda.
9.                  Paint shop
Untuk mengedit photo untuk lebih bagus dan menawan
10.              PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint.
Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.
2.4              Manfaat Penggunaan Pengolah Multimedia dalam Kehidupan
Multimedia bisa digunakan hampir di semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi sekarang ini memungkinkan multimedia untuk selalu hadir dan menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Contoh yang paling banyak banyak ada di masyarakat adalah televisi, radio, handphone, dan komputer.
Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam bidang :
a.       Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bidang bisnis ini meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan juga video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia ini, perusahaan - perusahaan dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih mudah dan lancar.
b.      Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini berupa mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti yang selama ini banyak dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan gambar-gambar ataupun animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar.
c.       Rumah
Aplikasi multimedia di dalam rumah sangat beraneka ragam, misalnya saja  komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Selain itu ada juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai alat penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
d.      Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum ini bisa berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak  suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Melihat pernyataan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa Multimedia adalah sebuah kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan sehari-hari. Hampir semua bidang menggunakan multimedia seperti :
1.      Multimedia dalam bisnis
Company Profile, presentasi bisnis, simulasi atau demonstrasi produk, dll.
2.      Multimedia dalam pendidikan
Media pembelajaran, simulasi keilmuan seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan, dll.
3.      Multimedia dalam bidang kesehatan
Simulasi anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru, simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit, media penyuluhan kesehatan, dll.
4.      Multimedia dalam bidang keagamaan
Ceramah agama di televisi dan radio, quran digital dengan gambar dan suara, d’oa dengan gambar dan suara, simulasi sholat dan wudhu, dll.
2.5              Kaitan antara Penggunaan Pengolah Multimedia terhadap Aspek Psikologi Manusia
Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan proses mental dan perilaku, kini telah berkembang dengan adanya pengaruh teknologi dalam kehidupan manusia.  
Diantaranya yang sekarang ini sering terdengar adalah dengan berkembangnya istilah cyberpsychology dalam ranah ilmu psikologi.  Cyberpsychology adalah salah satu bidang dalam psikologi yang mempelajari proses mental dan perilaku manusia sebagai dampak dari adanya pengaruh teknologi di dalam kehidupannya.
Salah satu yang banyak diulas adalah tentang proses pembelajaran melalui media elektronik yang sering dikenal dengan istilah e-learning.  Perkembangan e-learning saat ini sudah menuju pada pembelajaran melalui multimedia.  
Professor Jean Michel Boucheix, seorang professor dalam bidang psikologi kognitif dan ergonomi dari Laboratoire d'Etude de l'Apprentissage et du Développement (The Laboratory for Research on Learning and Development) Universitas Burgundy, Perancis akan mengulas pembelajaran melalui multimedia berdasarkan research-based principles, dan salah satu fokusnya adalah pada animasi, dikarenakan animasi merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran multimedia yang bisa menggambarkan suatu hal secara nyata atau real dalam membangun suatu model mental dan bisa mengurangi resiko learner dalam  menginterpretasikan sesuatu hal secara berlebihan terutama pada individu yang memiliki kemampuan persepsi rendah,  namun bila tidak dirancang dengan cermat akan mempengaruhi learner menjadi tidak fokus pada materi inti yang akan disampaikan.
Selain bidang pembelajaran, cyberpsychology juga sudah berkembang dalam bidang sosial dan klinis. Teknologi dapat mempengaruhi perilaku manusia, terutama dalam berinteraksi dengan manusia lainnya dan sudah menjadi telaah khusus seperti yang dikembangkan oleh Departement de Psychoéducation et Psychologie (Departement Psychoeducation and Psychology), Université du Québec en Outaouais – Canada.  

BAB III
PENUTUP
3.1              SIMPULAN
Perkembangan pengolah multimedia kini semakin maju dan pesat dalam kehidupan kita saat ini. Pengolah multimedia dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk mengolah berbagai macam media. Ada banyak jenis – jenis pengolah multimedia. Beberapa contohnya adalah : AdobePhotoshop, CorelDraw, Paint shop dll.
Pengolah multimedia dapat dirasakana kemanfaatannya dalam berbagai bidang dalam kehidupan, seperti dalam bidang pendidikan, bisnis, dan berbagai bidang kehidupan lainnya yang mempergunakan pemgolah multimedia.
Disamping perkembangan pengolah multimedia yang terus maju dan kemanfaatannya dalam berbagai bidang kehidupan, ada pengaruh yang menyentuh aspek psikologis manusia. Yaitu adanya ketertarikan terhadap produk – produk pengolah multimedia seperti bahan presentasi yang ditampilkan oleh guru dalam proses pembelajaran yang meningkatkan minat belajar siswa.
3.2              SARAN
Pembaca disarankan untuk lebih banyak membaca referensi terkait materi yang kami tuliskan di dalam makalah ini, karena kami menyadari banyaknya kekurangan dalam makalah yang kami buat ini serta masih jauhnya makalah ini dari kata sempurna. Kritik dan saran dapat disampaikan kepada penulis.


DAFTAR PUSTAKA

1 komentar:

  1. http://simaknewscom.blogspot.co.id/
    salam kenal kania yulia wulandari

    BalasHapus