SOFTWARE
PENGOLAH MULTIMEDIA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG MASALAH
Dewasa ini, perkembangan teknologi
dan informasi semakin tinggi. Bahkan kemunculan teknologi baru dapat dilihat
setiap hari. Ini menunjukkan bahwa, teknologi begitu dibutuhkan dalam kehidupan
ini, karena kegunaannya yang dapat dirasakan oleh umat manusia dalam
kehidupannya, baik sebagai pelajar, pengajar maupun dalam proses belajar
mengajar serta dalam bidang – bidang lainnya yang memanfaatkan teknologi.
Perkembangan teknologi inipun
membawa multimedia sebagai salah satu komponen penting yang mendukung daya guna
dan daya tarik pengguna terhadap teknologi, dalam hal ini khususnya adalah
komputer yang didalamnya memuat pengolah media yang sudah sering kita lihat
hasil dari pengolah multimedia ini dalam berbagai bentuk.
Pengolah multimedia apa saja yang
terdapat dalam komputer dan bagaimana kaitannya dengan aspek psikologi, kami
akan mencoba memaparkan sedikit dari berbagai kaitan yang ada mengenai hal tersebut
dalam makalah yang kami susun ini.
1.2
RUMUSAN
MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan pengolah
multimedia ?
2. Apa saja bagian
– bagian Perangkat Lunak Multimedia ?
3. Apa saja macam – macam pengolah
multimedia ?
4. Bagaimana manfaat penggunaan
pengolah multimedia dalam kehidupan ?
5. Bagaimana kaitan antara penggunaan
pengolah multimedia terhadap aspek psikologi manusia?
1.3
TUJUAN
1.
Mengetahui
apa yang dimaksud dengan pengolah multimedia
2.
Mangetahui
bagian
– bagian Perangkat Lunak Multimedia
3.
Mengetahui
macam – macam pengolah multimedia
4.
Menjelaskan
bagaimana penggunaan pengolah multimedia dalam kehidupan
5.
Menjelaskan
bagaimana kaitan antara penggunaan pengolah multimedia terhadap aspek psikologi
manusia
1.4
MANFAAT
Manfaat yang dapat didapatkan dari
pembahasan mengenai pengolah multimedia ini adalah dapat mengetahui informasi
mengenai pengolah multimedia, serta dapat menggunakan pengolah multimedia dalam
kehidupan sehari-hari. Serta bagaimana kaitan multimedia dengan aspek psikologi
pada manusia.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Pengolah Multimedia
1. Pengertian
Pengolah
Pengertian mengenai pengolah adalah
sebagai berikut : secara bahasa menurut Kamus Besar Bahasan Indonesia (KBBI) “pengolah
berarti alat (orang) yang mengolah”.
2.
Pengertian multimedia
a. Pengertian
media
Media merupakan salah satu kata
yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari hari. Istilah media merupakan
bentuk jamak dari medium secara harfiah berarti “perantara atau pengantar”.
Menurut AECT ( 1972:21) Media didefinisikan sebagai segala bentuk dan saluran untuk proses
transmisi. Dalam definisi ini media dilihat dari teknologi dari komunikasi dan
teknologi dari komputer itu sendiri. Lebih lanjut menurut Olson (1974:12)
b. Pengertian
Multimedia
Multimedia dapat difahami secara
terpisah antara multi dan media.. Depdiknas dalam standar kompetesi Nasional (SKN)
program keahlian Multimedia dan Audio visual kata multimedia dimaknai dengan
merujuk pada kamus The American Heritage® Dictionary of the English Language:
Fourth Edition. 2000. kata “multimedia” diartikan sebagai berikut:
Istilah multimedia lahir melalui
media masa diawal 1990. Kata ini dipakai
untuk menyatukan berbagai teknologi digital dan analog dibidang entertainment,
publishing, communications, marketing, advertising, dan juga commerce.
Multimedia merupakan penggabungan dua kata ”multi” dan “media”. Multi berarti
“banyak” sedangkan media atau bentuk jamaknya berarti “medium”.
Pendapat beberapa tokoh ada yang perlu kita pertimbangkan untuk menambah pemahaman
kita mengenai multimedia, sebut saja :
Multimedia sebenarnya adalah suatu istilah generik bagi suatu media yang
menggabungkan berbagai macam media baik
untuk tujuan pembelajaran maupun keperluan lainnya. Keragaman media ini diantaranya
adalah teks, audio, animasi, video, bahkan simulasi. Tay (2000) memberikan
definisi multimedia sebagai : Kombinasi teks, grafik, suara, animasi dan video.
Bila pengguna mendapatkan kebebasan dalam mengontrol maka hal ini disebut
multimedia interaktif. Lalu ketika media belajar ditampilkan dalam bentuk audio
yang dikemas analog dengan pita kaset, baik sebagai suplemen buku materi pokok,
maka media tersebut kita kenal dengan istilah media audio. Media audio ini
terpisah dengan buku teks, sehingga ada dua media, satu dengan teks dan satu lagi media audio.
Disinilah istilah ini sering disamakan dengan multimedia, yaitu pemakaian lebih dari
satu media dalam proses pembelajaran.
Dan ketika media teks dikemas
dengan webpage lalu disisipi dengan audio, animasi, dan gambar diam pada
halaman web tersebut maka konvergensi, penggabungan antar empat elemen sudah
terjadi maka padanan minimal multimedia sudah identifikasi, sebagai bahan ajar yang
multimedia, kata multimedia disatukan dan tidak dipisahkan seperti mutli media.
Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pengolah multimedia
adalah alat yang digunakan untuk mengolah berbagai macam media (multimedia).
2.2
Bagian – bagian Perangkat Lunak
Multimedia
Perangkat
lunak multimedia dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1. Bahasa Pemrograman
Multimedia
Merupakan
media (bahasa-bahasa) yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan
kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya
bahasa pemrograman multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :
- Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)
- Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)
Dapat digunakan untuk
membuat game (Nintendo Entertainment System / NES, SEGA, maupun Nemesis)
- Bahasa Pemrograman
Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++)
Contoh lainnya adalah : Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java, dll.
Contoh lainnya adalah : Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java, dll.
2. Perangkat Lunak System
Multimedia
Terdiri
dari sistem operasi dan program utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah
suatu system yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk
mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Beberapa system multimedia yang
banyak digunakan, yaitu sebagai berikut :
- DOS (Disk Operating System)
- DOS (Disk Operating System)
- Windows 95 / 98 /
2000
- Windows NT / XP
- Linux
3. Perangkat Lunak Aplikasi
Multimedia
Merupakan
perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah beberapa media maupun
informasi seperti teks, image / gambar, audio grafik, video, dll. Dilihat dari
fungsi perangkat lunak multimedia terdapat banyak sekali jenis dari aplikasi
multimedia.
2.3
Macam
– macam Pengolah Multimedia
Ada banyak
macam-macam pengolah multimedia yang sudah tersebar dan digunakan oleh banyak
orang saat ini, diantaranya :
1.
AdobePhotoshop
Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar / foto yang sangat lengkap dengan segala fasilitasnya. Software ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan titik dengan tingkat kerapatan tertentu. yang kemudian kita kenal dengan istilah pixel.
Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar / foto yang sangat lengkap dengan segala fasilitasnya. Software ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan titik dengan tingkat kerapatan tertentu. yang kemudian kita kenal dengan istilah pixel.
Adobe Photoshop, atau biasa disebut
Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang
dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak
ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga
dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah
gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah
diproduksi oleh Adobe Systems.
Versi kedelapan aplikasi ini disebut
dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop
CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe
Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
2.
CorelDraw
CorelDraw diciptakan oleh Corel Corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri program berbasis vector /garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai dengan berapapun ukurannya. CorelDraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol, dll.
CorelDraw diciptakan oleh Corel Corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri program berbasis vector /garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai dengan berapapun ukurannya. CorelDraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol, dll.
3.
Macromedia FreeHand
Macromedia
FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi
(penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon
untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris)
diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk
Microsoft Windows dan Mac OS X. Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel,
FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan
pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.E
4.
Corel Photo Paint
Corel PhotoPaint (Corel PHOTO-PAINT)
adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan
foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini
banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.
5.
Adobe flash Profesonal
Software ini berfungsi untuk membuat
konten yang interaktif,di produksi oleh: adobe.
6.
Adobe premire pro
Software ini mempunyai kelebihan
untuk mengedit video dengan format yang tinggi,di produksi oleh : adobe.
7.
Corel videostudio
Mengubah
dan mengedit video
8.
Adobe audution
Untuk membantu membuat video dan
audio terbaik produksi anda.
9.
Paint shop
Untuk mengedit photo untuk lebih
bagus dan menawan
10.
PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang
dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program
lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang
menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya
aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh
kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003,
Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi
Microsoft Office PowerPoint.
Lalu, pada
Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint
adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam
paket Microsoft Office 2013.
2.4
Manfaat
Penggunaan Pengolah Multimedia dalam Kehidupan
Multimedia bisa digunakan hampir di semua bidang kehidupan manusia,
apalagi dengan perkembangan teknologi sekarang ini memungkinkan multimedia untuk selalu hadir dan menjadi
kebutuhan utama bagi setiap
orang. Contoh yang paling banyak
banyak ada di masyarakat adalah televisi, radio, handphone, dan komputer.
Penerapan Multimedia
Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam bidang :
a.
Bisnis
Aplikasi
multimedia dalam bidang bisnis
ini meliputi presentasi, pengajaran,
pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan
komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan juga video conference, yang memungkinkan adanya tatap
muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi
multimedia ini, perusahaan - perusahaan dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih mudah dan lancar.
b.
Pendidikan
Aplikasi
multimedia dalam bidang ini berupa
mengubah
proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif,
sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti yang selama ini banyak dilakukan di sekolah-sekolah pada
umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan
membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan gambar-gambar ataupun animasi – animasi yang
tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat
mereka dalam membaca maupun belajar.
c.
Rumah
Aplikasi
multimedia di dalam
rumah sangat beraneka ragam,
misalnya saja komputer yang
menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Selain itu ada juga mesin-mesin
permainan yang menggunakan televisi sebagai alat penyalur multimedia, seperti :
Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya
menggunakan elemen-elemen multimedia.
d.
Tempat umum
Aplikasi
multimedia di tempat-tempat umum ini
bisa
berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat
perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut
dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat
yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan
letak-letak suatu toko atau sarana
hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Melihat
pernyataan tersebut, kita dapat
menyimpulkan bahwa Multimedia adalah sebuah kebutuhan yang
memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan sehari-hari. Hampir semua
bidang menggunakan multimedia seperti :
1.
Multimedia dalam bisnis
Company
Profile, presentasi bisnis, simulasi atau demonstrasi produk, dll.
2.
Multimedia dalam pendidikan
Media
pembelajaran, simulasi keilmuan seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin,
hujan, dll.
3.
Multimedia dalam bidang kesehatan
Simulasi
anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru, simulasi bakteri, virus, cara
kerja penyakit, media penyuluhan kesehatan, dll.
4.
Multimedia dalam bidang keagamaan
Ceramah
agama di televisi dan radio, quran digital dengan gambar dan suara, d’oa dengan
gambar dan suara, simulasi sholat dan wudhu, dll.
2.5
Kaitan
antara Penggunaan Pengolah Multimedia terhadap Aspek Psikologi Manusia
Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang berhubungan
dengan proses mental dan perilaku,
kini telah
berkembang dengan adanya pengaruh teknologi dalam kehidupan manusia.
Diantaranya yang sekarang ini sering terdengar adalah
dengan berkembangnya istilah cyberpsychology
dalam ranah ilmu psikologi.
Cyberpsychology adalah salah satu bidang dalam psikologi yang mempelajari
proses mental dan perilaku manusia sebagai dampak dari adanya pengaruh teknologi di dalam kehidupannya.
Salah satu yang banyak diulas
adalah tentang proses pembelajaran melalui media elektronik yang sering dikenal
dengan istilah e-learning. Perkembangan e-learning saat ini sudah menuju
pada pembelajaran melalui multimedia.
Professor Jean Michel Boucheix,
seorang professor dalam bidang psikologi kognitif dan ergonomi dari Laboratoire
d'Etude de l'Apprentissage et du Développement (The Laboratory for Research on
Learning and Development) Universitas Burgundy, Perancis akan mengulas
pembelajaran melalui multimedia berdasarkan research-based principles, dan salah satu fokusnya adalah pada
animasi, dikarenakan animasi merupakan salah satu pendekatan
dalam pembelajaran multimedia yang bisa menggambarkan suatu hal secara nyata
atau real dalam membangun suatu model mental dan bisa mengurangi resiko learner
dalam menginterpretasikan sesuatu hal
secara berlebihan terutama pada individu yang memiliki kemampuan persepsi
rendah, namun bila tidak dirancang dengan cermat akan mempengaruhi
learner menjadi tidak fokus pada materi inti yang akan disampaikan.
Selain bidang pembelajaran,
cyberpsychology juga sudah berkembang dalam bidang sosial dan klinis. Teknologi
dapat mempengaruhi perilaku manusia, terutama dalam berinteraksi
dengan manusia lainnya
dan sudah menjadi
telaah khusus seperti yang dikembangkan oleh Departement de Psychoéducation et
Psychologie (Departement Psychoeducation and Psychology), Université du Québec
en Outaouais – Canada.
BAB
III
PENUTUP
3.1
SIMPULAN
Perkembangan pengolah
multimedia kini semakin maju dan pesat dalam kehidupan kita saat ini. Pengolah
multimedia dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk mengolah berbagai
macam media. Ada banyak jenis – jenis pengolah multimedia. Beberapa contohnya
adalah : AdobePhotoshop, CorelDraw, Paint shop dll.
Pengolah multimedia
dapat dirasakana kemanfaatannya dalam berbagai bidang dalam kehidupan, seperti
dalam bidang pendidikan, bisnis, dan berbagai bidang kehidupan lainnya yang
mempergunakan pemgolah multimedia.
Disamping perkembangan pengolah
multimedia yang terus maju dan kemanfaatannya dalam berbagai bidang kehidupan, ada
pengaruh yang menyentuh aspek psikologis manusia. Yaitu adanya ketertarikan
terhadap produk – produk pengolah multimedia seperti bahan presentasi yang
ditampilkan oleh guru dalam proses pembelajaran yang meningkatkan minat belajar
siswa.
3.2
SARAN
Pembaca
disarankan untuk lebih banyak membaca referensi terkait materi yang kami
tuliskan di dalam makalah ini, karena kami menyadari banyaknya kekurangan dalam
makalah yang kami buat ini serta masih jauhnya makalah ini dari kata sempurna.
Kritik dan saran dapat disampaikan kepada penulis.
DAFTAR
PUSTAKA
http://simaknewscom.blogspot.co.id/
BalasHapussalam kenal kania yulia wulandari